World Beyblade Organization by Fighting Spirits Inc.

Full Version: Petunjuk dan panduan untuk WBO turnamen
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2
Petunjuk dan Panduan untuk WBO Turnamen Wrote:Turnamen WBO diadakan oleh para anggota dari WBO, yang kemudian dapat diresmikan oleh para komite setelah melalui proses proposal.

Berikut adalah penjelasan dan peraturan-peraturan yang harus dilaksanakan untuk membuat suatu turnamen WBO yang sukses.

1. Jumlah peserta.

Minimal peserta untuk turnamen WBO adalah 8 orang. Silahkan ajak teman2 dan para rekan2 beybladers untuk berpartisipasi di dalam turnamen WBO. Semua peserta diharuskan untuk mempunyai WBO username. Apabila tidak mempunyai username WBO, maka peserta harus dibuatkan / membuat sendiri username sebelum pertandingan.

2. Lokasi, tanggal dan jam.

Tidak ada restriksi untuk penentuan lokasi, tanggal maupun jam. Namun demikian, disarankan untuk memilih lokasi yang strategis untuk mempermudah para peserta tanpa harus menempuh jarak yang jauh. Demikian pula dengan pemilihan hari dan jam, sebaiknya diadakan di hari Sabtu / Minggu / Libur atau pada hari - hari dimana orang tua tidak bekerja dan anak - anak tidak bersekolah dan pada jam siang hari untuk memaksimalkan jumlah peserta yg dapat berpatisipasi. Biasanya lama pertandingan sekitar 2 - 3 jam tergantung dari jumlah peserta.

3. Administrasi.

Untuk mengikuti turnamen WBO, biaya yang dikenakan ke semua peserta turnamen yaitu:
- $10 atau Rp.100.000 untuk biaya administrasi 1 tahun untuk passport holder (Passport Holder dapat mengikuti semua turnamen WBO dengan gratis selama 1 tahun, ditambah keuntungan2 lainnya seperti diperbolehkan untuk mengikuti Lotere bulanan / Kontes) atau
- $5 atau Rp.50.000 untuk mengikuti 1 pertandingan WBO yang dapat dibayarkan kepada penyelenggara turnamen (Host).

Pembelian WBO Passport dapat dilakukan sendiri melalui Paypal (donate@worldbeyblade.org) atau via penyelenggara turnamen yang bersangkutan (Host) pada awal turnamen.

*** Khusus kepada Host: Apabila tidak mempunyai Paypal untuk mengirim keuangan kepada WBO, harap menghubungi Uwik atau wpardin

Semua dana yang dikumpulkan akan ditransfer ke WBO. WBO adalah organisasi non-profit. Dana yang terkumpul akan digunakan sebaik2nya untuk penggantian hadiah / site-hosting / kontes dan lain2. Pada akhirnya para anggota WBO sendiri yang akan menikmati keuntungan2 tersebut.

4. Hadiah turnamen.

Tidak ada kewajiban bagi penyelenggara turnamen untuk menyediakan hadiah kepada pemenang. Meskipun demikian, hadiah merupakan insentif yang menarik untuk memaksimalkan jumlah peserta turnamen.

Bila, penyelenggara turnamen berencana untuk memberi hadiah kepada para pemenang, maka penyelenggara diwajibkan untuk membeli sendiri dan dapat memberikan bukti pembelian berupa kwitansi. Bukti pembelian tersebut dapat di-email / PM kepada Kei yang merupakan bendahara WBO.

WBO dapat mengganti biaya hadiah secara full atau sebagian. Semua diskusi mengenai penggantian biaya dilakukan via PM dengan Kei. Keuangan yang didapat dari 'Entrance Fee' atau pembelian WBO Paspor dapat dipotongkan terhadap ongkos pembelian hadiah SETELAH persetujuan dari Kei. Apabila biaya pembelian hadiah lebih besar daripada hasil yang didapat dari pembelian paspor / 'Entrance Fee', maka WBO akan mentransfer selisihnya via Paypal.

Nominal penggantian keuangan untuk pembelian hadiah sepenuhnya tergantung dari jumlah peserta turnamen. Apabila peserta turnamen tersebut banyak, maka nominal penggantian hadiah pun akan lebih besar juga.

Sangat disarankan untuk menyelesaikan perihal hadiah dan penggantian biaya dengan persetujuan Kei SEBELUM hari turnamen.

5. Format dan mekanisme turnamen.

Berikut susunan format WBO turnamen yang dianjurkan:

8 - 11 peserta - Standard Round Robin
12 - 14 peserta - 2 Block Round Robin
15 - 21 peserta - 3 Block Round Robin
22 - 28 peserta - 4 Block Round Robin
29 - 60 peserta - Double Elimination
> 60 peserta - Single Elimination

Round Robin adalah format dimana setiap peserta melawan semua peserta yang lain sebanyak satu kali. Misalkan mengadakan Round Robin dengan 8 peserta, maka masing2 peserta akan melakukan 7 BeyBattles. Pada akhir pertandingan, akan diambil 3 peserta dengan jumlah kemenangan tertinggi untuk melakukan mini Round Robin diantara mereka sendiri untuk menentukan juara 1, 2, 3.

Block Round Robin adalah format dimana para peserta dikelompokan ke dalam grup / block yang berbeda. Jumlah peserta di dalam setiap block dianjurkan untuk kurang lebih sama. Alokasi peserta ke dalam setiap block dapat dilakukan secara acak / random. Di dalam masing2 block, para peserta akan melakukan Round Robin, yang kemudian akan dipilih 1 atau 2 peserta dengan jumlah kemenangan tertinggi untuk melanjutkan ke block FINAL, dimana para finalis akan melakukan Round Robin lagi untuk menentukan juara 1, 2, 3.

*** Tie Breaker. Apabila ada 2 atau lebih peserta yang mempunyai jumlah kemenangan yang sama, maka para peserta yang bersangkutan akan melakukan Round Robin diantara mereka sendiri. Jika hanya 2 peserta yang mempunyai jumlah kemenangan yang sama, maka mereka hanya membutuhkan 1 BeyBattle untuk Tie Breaker.

Double Elimination Turnamen dengan sistem Double Elimination dibagi menjadi dua kelompok yaitu: Kelompok Pemenang & Kelompok Kalah (Kelompok P & K untuk singkatnya). Setelah babak pertama dilakukan, para pemenang masuk ke kelompok P dan yang kalah masuk ke Kelompok K. Kelompok P melakukan pertandingan dengan system Single Elimination, tentu saja bagi peserta yang kalah akan turun ke Kelompok K tiap rondenya.

Di dalam Kelompok K, para peserta akan melakukan Single Elimination pada awalnya, dan para pemenang akan melanjutkan ke babak berikutnya, yaitu Single Elimination lagi melawan peserta yang kalah dari Kelompok P di babak kedua. Demikian seterusnya sampai dengan babak final.

Di babak final, pemenang Kelompok P akan bertanding melawan pemenang Kelompok K untuk memperebutkan Juara 1 dan 2. Pemenang Kelompok K harus mengalahkan pemenang Kelompok P sebanyak dua kali untuk menjadi juara 1. Sedangkan pemenang Kelompok P cukup untuk mengalahkan pemenang Kelompok K satu kali saja untuk menjadi juara 1. Pemenang harapan dari Kelompok K akan otomatis menjadi juara 3.

Singkat kata, semua peserta di dalam sistem Double Elimination harus mengalami kekalahan sebanyak dua kali untuk tereliminasi.

Single Elimination disebut juga sebagai Knock Out / Sudden Death turnamen adalah format dimana peserta yang kalah dalam BeyBattle akan langsung tereliminasi dan tidak dapat melanjutkan ke babak berikutnya. Pengecualian terjadi di babak Semi Final, dimana para para semi finalis yang kalah akan melakukan satu BeyBattle lagi diantara mereka untuk menjadi juara 3.

Download Tournament Brackets Website Print Your Brackets mempunyai banyak bracket turnamen untuk Round Robin dan Double Elimination yang bisa diunduh. Namun, harap selalu mencatat tiap pertandingan. Juga, pada Double Elimination Brackets, brackets yang tersedia dari website ini mengharuskan finalis dari Kelompok K menang dua kali dan Kelompok P hanya satu kali saja. Di WBO, pertandingan final adalah winner-take-all tanpa mempedulikan kelompok.
Disarankan untuk latihan berhitung di bracket yang tersedia sebelum turnamen sebenarnya agar bisa mengerti. Jika kamu mempunyai pertanyaan, jangan ragu – ragu untuk menanyakannya di thread ini.

6. Merangkum hasil turnamen dan pembayaran ke pihak WBO.

-Dalam konstruksi-

7. Peraturan turnamen.

Ketentuan yang dipakai adalah:

1 BeyBattle = 'Best of Five'. Peserta harus memenangkan 3 dari 5 ronde. Ronde akan berakhir apabila salah satu beyblade terlontar keluar dari stadium (KO / Knock Out), atau salah satu beyblade berhenti berputar (OS / Out Spin). Apabila, terjadi dua KO yang bersamaan atau kedua beyblade berhenti berputar bersamaan, maka akan dihitung 'Draw / Seri, dan ronde akan terus dilanjutkan untuk mencapai 3 kemenangan.

Miss-Launch (Beyblade keluar dari stadium dengan sendirinya akibat kelalaian pada saat launching) akan dianggap kekalahan pada ronde tersebut.

Di dalam satu BeyBattle, hanya diperbolehkan untuk menggunakan 1 beyblade kombo saja. Beyblade kombo baru diperbolehkan untuk diganti di BeyBattle berikutnya. Demikian pula, pengencangan Facebolt / parts menggunakan 'Tool selama BeyBattle berlangsung tidak diperbolehkan.

Beyblade yang sudah terpilih dan sudah dipasang di Bey Launcher sebelum BeyBattle dimulai tidak diperkenankan untuk diganti, dan harus digunakan selama durasi BeyBattle tersebut.

Selama BeyBattle, tidak diperkenankan untuk mengganti parts apapun, kecuali pemasangan Grip Launcher / 3 Segment Grip, KECUALI parts tersebut menjadi rusak dan tidak bisa dipakai lagi, maka juri akan memperbolehkan peserta untuk mengganti parts tersebut dengan parts yang SAMA.

Apabila selama pertandingan berlangsung dan beyblade masih berputar di arena stadium, dan ada yang menyentuh bagian arena stadium, baik disengaja ataupun tidak disengaja, maka ronde tersebut akan dianggap tidak sah, dan peserta yang menyentuh arena stadium otomatis akan dianggap kalah dalam ronde tersebut. Juri berhak mengulang ronde tersebut.

Apabila ada peserta yang ingin mengajukan protes, bisa dilakukan selama pertandingan berlangsung, dan semua tergantung dari keputusan juri. Protes akan diabaikan apabila pertandingan ronde tersebut sudah selesai. Moon diingat bahwa keputusan juri adalah mutlak.

Apabila terjadi kecurangan selama BeyBattle, maka secara otomatis peserta yang melakukan kecurangan tersebut akan dianggap kalah dalam BeyBattle tersebut.

Reshoot Clause & Stalling Clause -Dalam konstruksi-

8. Legalitas.

Beyblade, Launcher, Grip Launcher

Semua Beyblade, Launcher, dan Grip Launcher harus orisinil dengan merek TAKARA TOMY / Sonokong / Hasbro.

Seri beyblade yang legal adalah:
- Metal System (BB 00 - BB 27)
- Seri 1 (BB 28 - BB 69)
- Seri 2 (BB 70 - BB 98)
- Maximum Seri (BB 99 - BB 104)
- 4D (BB 105 - BB 126)
- Zero G (BBG 01 - sekarang)
- Pengecualian adalah 'Light Wheel': Mad, Heat, Wind, Clay yang tidak legal.

Semua yang digunakan tidak boleh dimodifikasi sendiri. Apabila ditemukan modifikasi ilegal, maka peserta akan secara otomatis dianggap kalah dalam satu BeyBattle.

Berikut penjelasan tentang modifikasi ilegal, yaitu adanya perubahan pada bagian yang telah rusak ataupun belum rusak. Semua parts harus asli sedemikian adanya seperti rilisan pabrik, dan tidak bisa dirubah-rubah.

Perihal pengecatan / personalisasi pribadi beyblade: Pengecatan Metal Wheel diperbolehkan dengan syarat bahwa cat dipakai dengan tipis dan tidak tebal, dan tidak memperngaruhi performa beyblade tersebut. Pengecatan pada Clear Wheel, Track, dan Bottom sangat tidak dianjurkan dikarenakan bahan yang terbuat dari plastik. Metode yang layak digunakan untuk personalisasi Clear Wheel, Track dan Bottom adalah dengan 'Dyeing (Memasak parts dengan tinta khusus), dimana tinta terserap ke dalam pori-pori plastik, dan tidak menutupi bagian luar.

Perihal lubrikasi dan modifikasi bey launchers: Lubrikasi bey launcher diperbolehkan didalam legalitas peraturan WBO. Tetapi harap diingat bahwa modifikasi dalam bentuk apapun terhadap bey launchers adalah pelanggaran, termasuk mengganti casing dan pegangan tali.

Apabila ada bagian beyblade yang sudah rusak terlalu parah / aus dan tidak berfungsi seperti semestinya, maka bagian tersebut tidak diperkenankan untuk digunakan lagi.

Berikut penjelasan tentang beyblade yang berputar kiri atau 2 arah sekaligus:
- Beyblade yang berputar kiri atau dua arah sekaligus itu tidak bisa dirubah lagi kacuali Face, Track dan Bottom nya.
- Beyblade yg dimaksud adalah :
- Left Spin (Berputar kiri) Seri L-Drago: LDrago, Lightning LDrago, Meteo LDrago, LDrago Destroy, LDrago Guardian.
- Left / Right Spin (Berputar 2 arah) Gravity Perseus dan VariAres.

BeyStadium

Untuk system Metal Fight Beyblade (MFB), terdapat 3 BeyStadium yang sah untuk dipakai di turnamen resmi WBO, yaitu:
Perlu diperhatikan juga bahwa hanya BeyStadium orisinil dari TAKARA TOMY maupun Sonokong yang boleh digunakan dalam turnamen resmi WBO.

Kondisi BeyStadium yang masih layak pakai:
  • Jika terdapat retak pada dinding BeyStadium, harus ditambal dengan selotape yang ditempel di permukaan bagian dalam BeyStadium.
  • Bagaimanapun, kerusakan pada permukaan dan area permainan akan membuat BeyStadium menjadi ilegal.
  • Mengubah bentuk atapun melapisi permukaan BeyStadium dapat digolongkan sebagai modifikasi ilegal.
  • Penambahan stiker ataupun aksesori lainnya dengan tujuan yang bersifat estetis hanya boleh pada permukaan bagian dalam BeyStadium atau di luar area permainan.
  • BeyStadium yang siap untuk dipakai dalam battle harus terbebas dari objek yang dapat mengganggu performa beyblade (misal: air, debu yang cukup tebal dsb.)
Berkaitan dengan ruang yang ditempati blader saat melakukan launching dalam tiap BeyBattle adalah 50% dari BeyStadium yang dipisahkan oleh garis diameter BeyStadium. Posisi saat melakukan launching merupakan tanggung jawab blader untuk secara independen menentukannya sendiri sesuai kebutuhannya, namun harus tetap berada di sisi yang berlainan dengan lawan.

9. Mengajukan turnamen.

Sebuah turnamen tidak akan dianggap turnamen resmi oleh WBO kalau belum disetujui para komite WBO. Untuk mendapatkan persetujuan, pertama-tama host harus mengajukan proposal turnamennya.

Untuk mengajukan sebuah turnamen, host harus membuat sebuah topik thread baru di Event Proposals sub forum di Official Events forum. Semua topik di forum ini hanya dapat dibaca oleh anggota Komite WBO dan kamu sendiri, jadi kamu bisa berbicara secara terbuka mengenai rencanamu dan dijamin tidak akan bisa dilihat oleh orang lain (walaupun, orang lain akan bisa melihat siapa yang membuat topik tersebut)

Informasi yang harus kamu masukkan ke dalam proposal kamu adalah:
  • Nama: Nama dari turnamen tersebut.
  • Tanggal: Tanggal pastinya kapan turnamen tersebut diselenggarakan.
  • Tempat: Tempat dimana turnamen tersebut diselenggarakan. Jika dilaksanakan di sebuah konvensi atau acara sejenisnya, pastikan untuk menjelaskannya!
  • Ekspektasi Jumlah Peserta: Berapa orang yang kamu harapkan untuk mengahadiri turnamen tersebut.
  • Format: Format apa yang kamu mau pakai untuk turnamen tersebut.
  • Informasi Tambahan: Berikan juga informasi lain untuk para komite WBO. Ceritakan tentang dirimu, sejarahmu tentang permainan beyblade, mengapa kamu mau menyelenggarakan turnamen. Pada umumnya, semakin banyak informasi yang kamu berikan, semakin mudah bagi para komite untuk menyetujui proposal kamu (dan semakin sedikit kamu bertanya kepada kamu).

Kalau kamu mengajukan informasi ini secara lengkap dan benar dan mempunyai perencanaan yang kuat dan bagus, kemungkinan besar, proposal kamu akan disetujui.
mau bantu di peraturan turnamen tentang parts2 yg legal dan ilegal

Parts yang boleh digunakan selama pertandingan
- bey harus ori dengan merek TAKARA TOMY/SONOKONG/HASBRO
- bey yang digunakan tidak boleh dimodif sendiri, dengan kata lain apabila ada bagian/part bey yg ketahuan dimodif sendiri otomatis akan didiskualifikasi. (yang dimaksud dengan modif yaitu apabila ada bagian yang telah rusak ataupun belum rusak, lalu di ubah sendiri itu tidak diperbolehkan, parts harus aseli dari pabrikannya tidak bisa diubah-ubah)
- apabila ada bagian bey yang sudah rusak terlalu parah itu sudah tidak bisa digunakan sama sekali, harus ganti dengan parts yang lain atau yang sama selama parts itu masih baru dan Original, tetapi bila parts tersebut dalam keadaan rusak namun belum begitu parah masih diperbolehkan

Selanjutnya penjelasan tentang bey yg memutar kekiri atau 2 arah sekaligus.
- bey yg memutar kekiri atau dua arah sekaligus itu tidak bisa diubah lagi kacuali Track dan bottom nya.
- bey yg dimaksud adalah :
- L-Drago (semua bey L-Drago), Left Spin
- Gravity Perseus dan VariAres, Left/Right Spin

selanjutnya tentang peraturan pertandingan
- Satu Pertandingan itu terdiri dari 5 ronde, apabila sudah menang 3 kali berturut-turut akan dianggap menang, namun bila masih seri pertandingan akan dilanjutkan sampai ada yang lebih dulu menang 3 kali
- untuk sekarang ini, setiap kali miss launch (saat menarik bey terjadi kesalahan sendiri) itu dianggap sudah gagal, dalam arti kehilangan 1 poin
- bila terjadi seri di satu ronde itu tidak dihitung, dan akan dilanjutkan sampai ada yang menang.(yang dimaksud disini yaitu, apabila di 1 ronde tersebut kedua bey sama-sama keluar arena atau kedua bey sama-sama berhenti di arena, itu tidak dihitung dan akan ditentukan di ronde selanjutnya sampai ada pemenang)
- di satu pertandingan hanya BOLEH mempergunakan 1 Bey saja, baru boleh ganti di pertandingan selanjutnya.
- selama pertandingan tidak diperkenankan mengganti parts apapun, kecuali pemasangan Grip Launcher/3 segment Grip, KECUALI parts tersebut memang sudah rusak dan sudah tidak bisa dipakai, maka juri akan memperbolehkan peserta mengganti parts tersebut hanya dengan parts YANG SAMA
- apabila selama pertandingan berlangsung dan bey masih berputar di arena, ada yg menyentuh bagian arena baik disengaja ataupun tidak disengaja itu dianggap tidak sah dan peserta yang menyentuh arena otomatis akan dianggap kalah.
- bila ada yang mau protes bisa dilakukan selama pertandingan berlangsung, dan itu semua tergantung dari keputusan juri. apabila pertandingan sudah selesai, peserta yang protes sudah tidak dianggap lagi.
- dan apabila terjadi kecurangan selama pertandingan, maka otomatis peserta yang melakukan kecurangan tersebut akan tersingkir.

mungkin segitu saja yg saya mau tambahkan, jika ada kesalahan atau ada kekurangan dimohon untuk segera mengoreksi nya.
sekian dan terimakasih
Wah, terima kasih banyak Smile tinggal poles2 dikit trus saya atur penempatannya di OP.

EDIT: OP sudah di update dengan masukan dan kontribusi prastyo wibowo. Bisa silahkan lanjut ke topik2 berikutnya. Kalau ada kesalahan atau kurang jelas, mohon dikasih tahu ya, supaya bisa diperbaiki. Terima kasih.
(Jul. 10, 2012  2:37 PM)Uwik Wrote: [ -> ]Wah, terima kasih banyak Smile tinggal poles2 dikit trus saya atur penempatannya di OP.

EDIT: OP sudah di update dengan masukan dan kontribusi prastyo wibowo. Bisa silahkan lanjut ke topik2 berikutnya. Kalau ada kesalahan atau kurang jelas, mohon dikasih tahu ya, supaya bisa diperbaiki. Terima kasih.

sippp om masama...

oia om lupa, arena yg digunakan itu arena BB10-Attack type keluaran TAKARA TOMY, dan untuk arena Zero-G belum dilegalkan
(Jul. 10, 2012  4:53 PM)prastyo wibowo Wrote: [ -> ]oia om lupa, arena yg digunakan itu arena BB10-Attack type keluaran TAKARA TOMY, dan untuk arena Zero-G belum dilegalkan

Sebetulnya ada 3 stadium yang legal. Cuman yang favorit sih yang MFB Attack stadium.
Stadium apa aja om?
Yg legal ada 3:
- Attack stadium
- Balance stadium
- Triple battle type beystadium
Triple battle stadium itu yang gimana?
(Jul. 11, 2012  9:02 AM)F.l.A.S.H Wrote: [ -> ]Triple battle stadium itu yang gimana?

Itu mirip stadium saya tapi saya warna ungu
(Jul. 11, 2012  9:26 AM)F.l.A.S.H Wrote: [ -> ]Itu mirip stadium saya tapi saya warna ungu

Punya kamu itu mungkin yang ini "Super Control Bey Stadium". Itu aslinya warnanya ungu. Masih dalam proposal pengesahan, tapi untuk saat ini, statusnya masih belum legal.

Iya,waktu itu pas saya beli di boxnya BBC-03
Beystadium
Untuk system Metal Fight Beyblade (MFB), terdapat 3 stadium yang sah untuk dipakai di turnamen resmi WBO, yaitu: *Perlu diperhatikan juga bahwa hanya stadium original dari Takara Tomy maupun Sonokong yang boleh digunakan dalam Turnamen resmi WBO.

Kondisi Beystadium yang masih layak pakai:
  • Jika terdapat retak pada dinding beystadium, harus ditambal dengan selotape yang ditempel di permukaan dalam stadium.
  • Bagaimanapun, kerusakan pada permukaan dan area permainan akan membuat beystadium menjadi ilegal.
  • Mengubah bentuk atapun melapisi permukaan beystadium dapat digolongkan sebagai modifikasi ilegal.
  • Penambahan stiker ataupun aksesori lainnya dengan tujuan yang bersifat estetis hanya boleh pada permukaan dalam beystadium atau di luar area permainan.
  • Beystadium yang siap untuk dipakai dalam battle harus terbebas dari objek yang dapat mengganggu performa beyblade (misal: air, debu yang cukup tebal dsb.)
*Berkaitan dengan ruang yang ditempati blader saat melakukan shoot dalam tiap battle adalah 50% dari beystadium yang dipisahkan oleh garis diameter beystadium. Posisi saat melakukan shoot merupakan tanggung jawab blader untuk secara independen menentukannya sendiri sesuai kebutuhannya, namun harus tetap berada di sisi yang berlainan dengan lawan.

mungkin segitu aja om yang bisa saya bantu, klo ada salah tolong dibetulkan.
betraka000, terima kasih banyak untuk kontribusinya. Bhs Indo nya bagus sekali. OP sudah saya update.

Om super control stadium itu bagus nggak buat MFB dan Zero G
(Jul. 12, 2012  10:58 AM)F.l.A.S.H Wrote: [ -> ]Om super control stadium itu bagus nggak buat MFB dan Zero G

Thread ini cuman untuk diskusi / tanya jawab perihal turnamen dan peraturannya. Tanya di thread 'Tanya Jawab' ya.
Misalnya peserta turnamen bayar Rp.50.000(yang berarti cuma bisa ikut 1 turnamen) terus uangnya jadi milik host turnamen?
Seperti yang ditulis di point #3

Quote:Semua dana yang dikumpulkan akan ditransfer ke WBO. WBO adalah organisasi non-profit. Dana yang terkumpul akan digunakan sebaik2nya untuk penggantian hadiah / site-hosting / kontes dan lain2. Pada akhirnya para anggota WBO sendiri yang akan menikmati keuntungan2 tersebut.

Host ga terima sepeser pun.
Misalnya mau jadi host turnamen itu wajib punya passport ya?
Cara merangkum hasil turnamen ke pihak wbo itu gimana?
tidak wajib koq. tapi sebagai host, dia harus tetap setor biaya 50.000 per kompetisi ke wbo. jadi kalo sering adain pertandingan, lbh baik punya passport soalnya akan jauh lbh murah.

utk merangkum hasil pertandingan bisa pakai excel. nanti formatnya akan sy berikan kalo memang dibutuhkan.

Excel itu apa?
Iya saya butuh formatnya
(Aug. 13, 2012  5:07 AM)Advanced blader Wrote: [ -> ]Excel itu apa?
Iya saya butuh formatnya

Microsoft Excel..
tau ga??
Tau kok
Misalnya thread turnamennya masih ada di rest of the world cara memindahkannya ke forum turnamen resmi gimana?
Yang pindahin itu komite. Jadi pertama kamu propose turnamennya di event proposal. Kalo uda disetujui oleh komite, kamu buat thread baru di rest of the world. Nanti komite yg akan pindahin.
MFB Attack stadium itu bagaimana ciri-ciri nya om?
Pages: 1 2